ArtikelPariwisataTravelTravelling

Tips Liburan Murah: Minim Budget, Tetap Menyenangkan

Menikmati liburan yang menyenangkan tentu menjadi keinginan Sobat Madina. Tapi kalau cuma ada budget yang minim untuk berlibur, pastikan kamu mengikuti trik dan tips liburan murah supaya memiliki cara yang tepat buat mengatur segala persiapan. 

Melansir dari Cermati, yuk simak beberapa tips liburan murah yang bisa Sobat Madina ikuti supaya bisa menikmati liburan yang menyenangkan dengan budget yang minim.

Pilih destinasi yang tepat dan sesuai budget

Destinasi liburan sangat menentukan budget liburan, jadi penting untuk kalian mengatur urusan ini dengan hati-hati. Beberapa destinasi yang jauh dengan modal transportasi yang terbilang sulit, akan membutuhkan budget liburan yang lebih tinggi. 

Oleh karena, itu pilihlah destinasi liburan yang tepat dan sesuai dengan budget yang kalian miliki, agar lebih mudah untuk mengatur segala sesuatunya dengan maksimal. 

Susun rencana sejak jauh-jauh hari

Ketika Sobat Madina hanya memiliki budget minim, sangat penting untuk menyusun rencana liburan sejak jauh-jauh hari. Selain mempersiapkan biaya liburan, kamu juga bisa memiliki waktu untuk mengatur segala sesuatunya dengan lebih matang. 

Sobat Madina bahkan bisa menghemat biaya perjalanan dengan membeli tiket pesawat dan memesan hotel di harga terbaik, termasuk memilih waktu liburan yang tepat dengan biaya yang paling hemat.

Berlibur bersama

Jika punya budget liburan yang minim, maka mengajak teman atau saudara untuk berlibur bersama akan lebih hemat. Sobat Mdina bisa berbagi kamar dan juga biaya taksi selama liburan nanti, sehingga pengeluaran menjadi lebih kecil. 

Dengan berlibur bersama teman atau saudara, kamu bisa melakukan banyak aktivitas bersama, sehingga liburan kali ini akan terasa lebih berkesan, nyaman, dan menyenangkan.

Bawa semua barang yang dibutuhkan

Jangan lupa untuk mempersiapkan dan membawa berbagai barang yang dibutuhkan selama liburan nanti. Bawa pakaian dan juga berbagai peralatan penting yang diperlukan, seperti: charger, kamera, dan yang lainnya. 

Jangan lupa juga obat-obatan untuk perjalanan liburan, sehingga Sobat Madina tidak perlu lagi kerepotan dan mengeluarkan uang untuk kebutuhan ini jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Selain itu, bawa beberapa camilan kesukaan kalian, supaya enggak bosan dan kelaparan pas liburan nanti.

Pilih destinasi yang murah

Liburan seru tidak hanya di tempat yang mahal aja kok. Sobat Madina juga bisa menikmati liburan menyenangkan di destinasi wisata yang cukup murah.

Carilah informasi tentang destinasi yang ingin kamu kunjungi sejak jauh-jauh hari, sehingga bisa mengatur agenda liburan kalian dengan baik sejak awal. Selain menikmati liburan yang lebih maksimal, hal ini juga akan menghemat budget liburan, lho.

Pilih penginapan yang terjangkau

Biaya menginap termasuk salah satu pengeluaran yang paling menyita budget liburan, sehingga Sobat Madina perlu mencermati hal ini dengan baik, ya. Jika ingin berhemat, maka harus pintar dalam memilih penginapan yang tepat. 

Carilah informasi mengenai penginapan ini sejak awal, sehingga bisa melakukan perbandingan dan memilih penginapan yang paling tepat dan hemat biaya. Daripada sewa hotel yang mahal, tinggal di guest house atau homestay selama liburan tentu saja bisa menjadi pertimbangan.

Makan di warung biasa 

Biaya makan juga menjadi salah satu yang paling besar saat liburan. Jika ingin menghemat biaya liburan, maka hindari untuk makan di restoran yang mahal. 

Menikmati kuliner lokal di warung makan biasa tentu bisa menjadi agenda yang menyenangkan. Hindari kegiatan wisata kuliner di rumah makan sekitar tempat wisata, karena harganya biasanya lebih mahal. 

Pilih warung makan yang tidak ada di jalan utama atau bahkan sedikit masuk ke area pemukiman, agar bisa menikmati makanan lezat dengan harga yang bersahabat.

Belanja dengan cerdas dan hemat

Rencanakan budget belanja kalian dengan cerdas, di mana kalian hanya membeli oleh-oleh yang secukupnya saja. Selain itu, belanjalah di tempat yang paling tepat dan murah, agar bisa menghemat biaya.

Siapkan sejumlah dana darurat

Siapkan juga sejumlah dana darurat untuk liburan kalian, agar kegiatan yang satu ini tidak sampai menimbulkan masalah di dalam keuangan kalian. 

Alokasikan sejumlah dana darurat ini sejak awal, agar bisa berlibur dengan tenang dan kembali dari liburan dengan bebas hutang.

Liburan hemat namun tetap menyenangkan

Berlibur dengan budget minim bukanlah sesuatu yang menakutkan, sebab kamu juga tetap bisa bersenang-senang selama liburan tersebut. 

Rencanakan dan siapkan dana liburanmu ini dengan baik sejak awal, agar bisa menikmati liburan yang hemat, menyenangkan, dan tanpa masalah keuangan.

Penulis : Aziz Irsan

Editor : Ami

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button