ArtikelFoodsGaya HidupKesehatanKuliner

Rekomendasi Camilan Sehat Ibu Hamil

Ketika Sobat Madina sedang hamil, jangan lupa perhatikan asupan yang masuk dalam tubuh, ya. Camilan sehat ibu hamil harus yang sehat bagi tubuh ibu maupun sang janin.

Selain harus lezat supaya tetap menjaga nafsu makan, camilan sehat ibu hamil haruslah mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama hamil. Seperti protein, kalsium, zat besi, asam folat, dan berbagai jenis vitamin.

Berikut 5 rekomendasi camilan sehat ibu hamil, dilansir dari Alodokter.

1. Yoghurt

Kandungan kalsium pada yoghurt baik untuk kesehatan tulang dan gigi Sobat Madina yang sedang hamil dan juga janin. Selain itu, yoghurt juga mengandung prebiotik, yaitu bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Sobat Madina juga bisa mengonsumsi yoghurt plain dengan campuran kacang, kismis, dan buah segar, sebagai cemilan sehat. Sobat Madina juga bisa mengolahnya ke dalam campuran smoothies.

2. Cokelat

Tahukah Sobat Madina bahwa mengkonsumsi cokelat saat hamil bisa menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga membantu untuk menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan preeklamsia.

Walaupun memberikan manfaat, Bumil gak dianjurkan makan camilan ini terlalu banyak ya, karena di dalamnya terkandung kafein. Selain itu, sebagian produk mengandung tambahan gula dan susu yang bisa membuat Sobat Madina obesitas.

3. Alpukat

Alpukat mengandung asam folat yang berperan dalam perkembangan saraf dan pembentukan sel darah merah janin.

Menjadikan alpukat sebagai cemilan sehat merupakan pilihan yang baik bagi Sobat Madina yang sedang hamil. Alpukatnya pun bisa Sobat Madina konsumsi secara langsung atau sajikan sebagai pengganti mentega pada roti panggang atau roti lapis.

4. Ubi

Ternyata Ubi sangat bagus untuk ibu yang sedang hamil loh Sobat Madina. Karena ubi mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, beta karoten, zat besi, kalium, dan tembaga. Nutrisi-nutrisi tersebut dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung tumbuh kembang janin, termasuk pekembangan mata, tulang, dan kulit. Ubi bisa diolah dengan cara dikukus, dipanggang, ataupun digoreng.

5. Oatmeal

Tingginya karbohidrat kompleks dan serat pada oatmeal membuatnya termasuk sebagai salah satu camilan sehat yang lezat untuk ibu hamil. Camilan ini juga kaya akan magnesium yang dapat menjaga kesehatan otot dan saraf serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Sobat Madina. Selain itu, zinc yang terkandung di dalam oatmeal bermanfaat untuk pembentukan DNA pada janin.

Penulis: Aziz Irsan

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button