BeritaPariwisata

Quality Tourism: Babak Baru Pariwisata Indonesia

Madinaworld.id – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan kebijakan baru yang tengah diimplementasikan. Quality tourism menjadi strategi utama yang digunakan Kemenparekraf dalam rangka menaikan kuantitas kunjungan wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, strategi yang diadopsi dalam quality tourism tidak hanya berfokus pada angka kedatangan, tapi juga pada kualitas wisatanya. Dengan harapan dapat menghadirkan pariwisata yang mengimplementasikan cara yang efektif, efisien, serta berorientasi pada hasil.

“Sehingga penawaran paket wisata, baik itu tradisional maupun barefoot luxury, akan kita dorong semua industri pariwisata berinovasi, mengemas paket baru, menciptakan experience dan memories (kenangan dan pengalaman) dan memberikan services yang ultimate,” ujar Sandiaga dalam Weekly Brief yang digelar di Jakarta, Senin (17/10).

Quality tourism dilakukan melalui upaya memperpanjang lama tinggal wisatawan (length of stay) ketika berkunjung ke destinasi wisata. Dari yang pada mulanya berada dalam rentang kurang dari tiga hari, akan didorong ke atas tiga hari.

Upaya kedua dengan meningkatkan kualitas belanja wisatawan (quality of spending) pada ekonomi lokal. Sandi mengungkapkan bahwa ia berharap para wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara, dapat berbelanja dengan konsep rojali (rombongan yang rajin jajan-jajan dan beli-beli).

“Berarti kita ingin mendorong juga selain pada aksesibilitas, jumlah penerbangan, tapi juga akomodasi, amenitas, atraksi, dan juga penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di destinasi wisata,” papar Sandiaga.

Related Articles

Back to top button