ArtikelGaya HidupParenting

PTM 100%, Yuk Simak Tips Aman Kembali ke Sekolah

Sobat Madina, kondisi kasus covid-19 yang mulai terkendali membuat pemerintah memperbolehkan pihak sekolah untuk melaksanakan kembali pertemuan tatap muka. Meski demikian, ada tips aman kembali ke sekolah yang harus Sobat Madina tahu sebelum melepas buah hati.

Yuk simak, tips aman kembali ke sekolah seperti yang disampaikan oleh dokter spesialis anak dr. Agnes Tri Harjaningrum, dalam Webinar Parenting yang diselenggarakan oleh SDIT Amal Mulia.

Tidak ada satu cara pencegahan yang sempurna. Harus digunakan strategi pencegahan berlapis. – dr. Agnes Tri Harjaningrum.

Kesiapan Orang Tua

Beberapa hal yang harus Sobat Madina perhatikan di antaranya, terdiri dari penerapan protokol kesahatan serta vaksinasi.

  • Masker

Sebelum melepas sang buah hati ke sekolah, sebagai orang tua ataupun pihak keluarga terdekat, selalu parhatikan cara penggunaan masker sang anak. Pastikan juga bahwa anak sudah menggunakan masker dengan baik dan benar.

Sobat Madina juga jangan lupa untuk selalu menyiapkan masker cadangan di tas si kecil. Sisipkan juga plastik khusus, untuk menaruh masker kotor yang telah digunakan.

Hal lain yang juga harus diperhatikan ialah, jangan lupa untuk mengajarkan si kecil bagaimana cara menaruh masker. Misalnya saat si kecil sedang makan siang. Ajarkan terlebih dahulu cara menaruh masker, agar masker yang si kecil gunakan tidak ditaruh sembarangan.

  • Vaksin

Sejak 14 Desember 2021 lalu, pemerintah sudah mulai menyelenggarakan program vaksinasi untuk anak-anak dengan rentang usia 6 hingga 11 tahun.

Banyak manfaat dan tujuan dari vaksin anak‚Äďanak yang salah satunya adalah, bertujuan mencegah sakit berat dan kematian serta mencegah penularan (covid-19) kelompok usia lain. - Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI.
  • Cuci Tangan

Sebagia orang tua, ada baiknya jika Sobat Madina mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar. Seperti yang dianjurkan oleh WHO, misalnya.

6 langkah cuci tangan menggunakan sabun yang dianjurkan oleh WHO. (Foto: covid19.go.id)

Dengan mengetahui langkah-langkah mencuci tangan yang benar, Sobat Madina dapat memperkecil kemungkinan si kecil untuk terkena penyakit, loh.

Selain mencegah penularan covid-19, mencuci tangan dengan baik dan benar dapat melindungi si kecil dari penyakit seperti diare ataupun dari keracunan makanan akibat kontaminasi bakteri, kuman, maupun virus.

Nah Sobat Madia, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas yang paling utama. Dibutuhkan adanya kolaborasi dari pihak sekolah serta orang tua siswa, demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, perilaku hidup bersih dan sehat juga merupakan hal yang sangat peting untuk selalu diterapkan ya, Sobat Madina.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button