Gaya HidupParenting

Pengertian Parenting Menurut Para Ahli

Sebelum mempelajari lebih dalam perihal parenting, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu parenting atau pengasuhan. Dilansir dari https://pusatkemandiriananak.com/, berikut pengertian parenting menurut para ahli :

Secara Etimologi

Pengasuhan berasal dari kata “asuh“ yang artinya memimpin, mengelola, membimbing. Pengasuh berarti orang yang melaksanakan tugas memimpin, mengelola atau membimbing.

Pengasuhan yang dimaksud ialah mengasuh anak. Mengasuh anak maknanya ialah mendidik dan memelihara anak, mengurus sandang, papan, pangan, dan keberhasilannya sejak awal dilahirkan hingga ia dewasa.

Kamus OXFORD

Berdasarkan kamus oxford, pengasuhan adalah : The activity of bringing up a child as a parent. (Proses membesarkan anak yang dilakukan oleh orang tua)

Kamus Merriam-webster

Pengasuhan/ Parenting adalah

  • The raising of a child by its parents (Membesarkan anak yang dilakukan oleh orang tua)
  • The act or process of becoming a parent (Proses menjadi orang tua)
  • The taking care of someone in the manner of a parent (Merawat seseorang yang dilakukan dengan cara sebagai orang tua).

Encyclopedia of Psychology, APA

Pengasuhan adalah cara yang dilakukan di seluruh dunia dalam hubungan antara orang tua dan anak, dimana keberhasilannya ditentukan oleh hubungan yang sehat dan berkualitas antara kedua belah pihak.

Masud Hoghughi (Profesor Fakultas Psikologi, University of Hull, Amerika)

Pengasuhan merupakan hubungan antara orang tua dan anak yang multidimensi dan dapat terus berkembang. Hubungan ini mencakup beragam aktifitas, dengan tujuan agar anak mampu berkembang secara optimal dan dapat bertahan hidup dengan baik.  Oleh karenanya, pengasuhan meliputi pengasuhan fisik, pengasuhan emosi, dan pengasuhan sosial.

Jerome Kagan (Psikolog di Harvard University)

Pengasuhan (parenting) sebagai serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak. Di dalamnya terdapat apa yang harus dilakukan oleh orang tua/pengasuh untuk memfasilitasi agar anak mampu bertanggung jawab dan berkontribusi sebagai bagian dari masyarakat.

David D. Burns M.D (Profesor Fakultas Psikologi University of South Florida)

Pengasuhan merupakan sebuah proses interaksi yang berlangsung terus-menerus dan mempengaruhi bukan hanya bagi anak, tapi juga bagi orang tua.

Jane B Brooks (Penulis buku ”The Process of Parenting”)

Pengasuhan sebagai sebuah proses yang merujuk pada serangkaian aksi dan interaksi yang dilakukan orang tua untuk mendukung perkembangan anak. Proses pengasuhan bukanlah sebuah hubungan satu arah yang mana orang tua mempengaruhi anak saja. Lebih dari itu, pengasuhan merupakan proses interaksi antara orang tua dan anak yang dipengaruhi oleh budaya dan kelembagaan sosial dimana anak dibesarkan.

Related Articles

Back to top button