BeritaPariwisata

Ditandai dengan Penandatanganan Resolusi Pariwisata Ramah Muslim, International Muslim-Friendly Tourism Conference 2022 Resmi Dibuka

Menteri Sandiaga Uno

Acara International Muslim Friendly Tourism Conference (IMTFC) di buka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada pukul 13.45 WIB melalui video conference. Sandiaga Uno menuturkan Indonesia memiliki 3 strategi penguatan akselerasi ekonomi dan keuangan syariah yaitu:

  1. Penguatan infrastruktur
  2. Penguatan kelembagaan
  3. Perluasan implementasi
Riyanto Sofyan, Membacakan Resolusi Pariwisata Ramah Muslim. (Foto: Madina World/Murel Karlo)

Setelah pembukaan acara IMTFC, selanjutnya ada pembacaan Resolusi Pariwisata Ramah Muslim oleh bapak Riyanto Sofyan selaku Ketua Umum Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia dan juga komisaris presiden dari sofyan corp yang sudah bergelut di dunia pariwisata ramah muslim sejak 1992.

Isi dari Resolusi Parwisata Ramah Muslim, sebagai berikut:

Pariwisata Ramah Muslim merupakan seperangkat layanan tambahan amenitas, atraksi dan aksesibilitas yang ditujukan dan diberikan untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan pengalaman wisatawan muslim.

Akselerasi pengembangan Pariwisata Ramah Muslim (PRM) dalam mewujudkan Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia yang dapat meningkatkan devisa dan pertumbuhan ekonomi inklusif, sehingga diperlukan:

  1. Memastikan kehadiran regulasi terkait dengan panduan penyelenggaraan pariwisata ramah muslim.
  2. Mendorong terdapatnya regulasi terkait dengan instrumen penilaian pariwisata ramah muslim (IP-PRM/Muslim Friendly Travel Indicator).
  3. Mendorong terdapatnya strategi penguatan indeks daya saing pariwisata ramah muslim
  4. Memastikan terciptanya inovasi dan kreasi produk yang mendukung pariwisata ramah muslim.
  5. Memastikan terselenggaranya strategi peningkatan kualitas dan jumlah kunjungan wisatawan muslim.
  6. Memastikan terselenggaranya strategi akselerasi peningkatan kualitas industri pariwisata ramah muslim
  7. Memastikan penerapan strategi optimalisasi performa kelembagaan pariwisata ramah muslim berbasis sinergi, integrasi, transaksi, investasi/pembiayaan, dan edukasi.
Riyanto Sofyan Menandatangani Resolusi Pariwisata Ramah Muslim. (Foto: Madina World/Murel Karlo)

Setelah pembacaan Resolusi Pariwisata Ramah Muslim, para tamu undangan dan pengisi acara menandatangani Resolusi tersebut secara bergantian.

Related Articles

Back to top button