Kesehatan

Mengatasi Maag Karena Melakukan Program Diet

Mengatasi maag merupakan cara untuk mengembalikan kondisi asam lambung yang naik karena kondisi tertentu seperti melakukan diet yang salah. Jika sudah mengalami gejala sakit maag ini karena melakukan program diet, untuk mengatasi nya adalah dengan memperbaiki pola makan yang baik seperti dikutip dari hellosehat:

1. Makan porsi sedikit tapi sering

Cara mengatasi maag yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah usahakan untuk selalu makan tepat waktu dan dengan porsi yang lebih kecil agar Anda bisa makan lebih sering.

Pastikan juga Anda makan perlahan; kunyah makanan dengan baik dan pusatkan fokus saat porsi makan tidak berlebihan. Cara mengobati maag satu ini cukup ampuh, karena dengan begitu Anda bisa menghindari kenaikan asam lambung akibat perut yang kelamaan tidak terisi makanan.

2. Jangan langsung rebahan setelah makan

Agar cara mengatasi maag di atas lebih efektif, usahakan untuk tidak berbaring atau tidur setelah makan. Sebaiknya, beri jeda 2 atau 3 jam setelah makan. Tujuannya, agar asam lambung yang diproduksi setelah makan tidak naik ke kerongkongan dan membuat maag kumat.

Mengatasi maag dengan memanfaatkan waktu tersebut untuk bergerak aktif, seperti melompat karena ini juga bisa memicu kambuhnya gejala maag. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk berjalan santai agar gerakan usus jadi lebih lancar dalam mencerna makanan dan tentunya mencegah asam naik melewati perut.

3. Batasi konsumsi makanan pedas, asam dan berlemak

Beragam masakan memiliki cita rasa yang khas, entah itu pedas, asam, manis, atau gurih. Nah, perlu Anda ketahui bahwa cara mengobati maag adalah menghindari atau membatasi makanan dengan rasa tertentu, seperti pedas, asam, dan gurih-gurih.

Makanan pedas yang mengandung capsaicin bisa mengiritasi lapisan perut atau lambung yang sudah terluka. Begitu juga dengan asam, yang menciptakan lingkungan di dalam perut jadi lebih asam.

Sementara makanan gurih —cenderung digoreng dan asin— lebih lama dicerna di perut karena tinggi lemak. Semua itu dapat memicu munculnya gejala maag, bahkan memperburuknya.

Sebagai gantinya, pilih makanan untuk penderita maag antara lain tidak asam, tidak pedas, dan tentunya lebih rendah lemak. Perbanyak konsumsi buah-buahan manis berair, seperti melon atau pisang dan sayur-sayuran hijau.

4. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Jika Anda memiliki maag, Anda perlu menghindari makanan tertentu. Akan tetapi, Anda juga dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan berprobiotik. Ini dijadikan sebagai cara mengatasi maag karena makanan ini mengandung bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus.

Anda tentu tahu, jika infeksi bakteri adalah satu penyebab maag, bukan? Ya, untuk melawan infeksi tersebut Anda dibutuhkan lebih banyak bakteri baik di usus agar kesehatan pencernaan semakin meningkat.

Pilihan makanan yang mengandung probiotik yang aman dikonsumsi orang dengan masalah maag, antara lain adalah yogurt rendah gula dan tempe.

5. Minum teh herbal

Di samping minum obat dari apotek, cara ampuh lain yang bisa membantu Anda mengatasi maag adalah minum teh herbal. Teh ini tidak seperti teh yang biasa Anda buat karena bahan-bahan yang digunakan adalah jahe atau chamomile kering.

Cara menyajikannya yakni merebus air dengan potongan jahe atau beberapa sendok makan chamomile. Setelah airnya mendidih, saring, dan sajikan dalam gelas. Anda bisa menikmati rebusan air jahe atau teh chamomile ini secara langsung.

Mengatasi maag bisa juga dengan menambahkan madu dan perasan air lemon agar rasanya lebih enak dan mual serta mulas yang Anda rasakan perlahan akan hilang.

Related Articles

Back to top button