ArtikelPariwisataTravelling

Membuka Tabir Keajaiban Bumi di Museum Geologi Bandung

Sobat Madina, sambutlah keajaiban alam dan kekayaan geologis di Museum Geologi Bandung! Tempat ini adalah surga bagi pecinta sains dan penggemar alam. Di dalamnya, kamu bakal menemukan koleksi yang mengagumkan, mulai dari fosil langka hingga batuan yang indah. Museum ini adalah jendela menuju sejarah panjang bumi kita dan mengungkapkan misteri yang tersembunyi di balik formasi geologi yang menakjubkan! 

Siapa nih Sobat Madina yang suka, dan lagi cari referensi wisata edukasi? Sini, sini, MiDin kasih tahu salah satu museum terbaik yang ada di Kota Kembang, Bandung.

Sobat Madina kayaknya pernah denger deh soal museum yang satu ini. Museum ini terletak gak jauh dari Gedung Sate dan Lapangan Gasibu. Museum Geologi Bandung ini dibangun sama Pemerintah Hindia Belanda buat mendokumentasikan batuan, mineral, maupun fosil yang berhasil dikumpulkan para ahli geologi dari berbagai kawasan di Hindia Belanda. 

Sobat Madina udah tau? Kalau mineral yang ditambang dari Bumi itu ada di sekeliling kita, loh. Nah di Museum Geologi, Sobat Madina bisa melihat koleksi yang terbagi dalam tiga ruangan. 

Di lantai pertama bagian timur, ada ruangan Sejarah Kehidupan, dengan koleksi fosil yang dikelompokkan menurut era Prakambrium-Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum. Di lantai pertama bagian barat, ada ruangan Geologi Indonesia, yang merupakan galeri Asal Muasal Bumi, Tektonik Indonesia, serta Survei Geologi, Gunungapi, Dunia Batuan, dan Mineral.

Sementara di lantai dua, ada ruangan Geologi untuk Kehidupan Manusia, yang terdiri dari galeri Pemanfaatan Batuan dan Mineral, Eksplorasi dan Eksploitasi, Mineral dalam Kehidupan Sehari-hari, Bahan Galian Komoditas Nasional, Gempabumi dan Gerakan Tanah, Bahaya dan Manfaat Gunung api, Air dan Lingkungan.

Bersiaplah untuk merasakan keajaiban-keajaiban dunia dan kekayaan alam di Museum Geologi Bandung!

Tiket Masuk

Pelajar/Mahasiswa : Rp. 2.000

Umum : Rp. 3.000

Asing/Pelajar asing : Rp. 10.000 

Jam Operasional

Senin – Kamis , pukul 08:00 – 16:00 WIB (loket tiket tutup pukul 14:30 WIB)

Sabtu – Minggu, pukul 08:00 – 14:00 WIB (loket tiket tutup pukul 13:30 WIB)

Jumat dan Libur Nasional Tutup

Alamat

Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122 

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button