ArtikelPariwisataTravelling

Kharisma Event Nusantara 2022: Event Daerah Dongkrak Perekonomian Nasional

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah dari 34 provinsi di Indonesia. Kolaborasi dilakukan melalui penyelenggaraan festival seni, musik, serta budaya yang dihimpun dalam rangkaian Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Tahun ini Kemenparekraf menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 17 event dari acara KEN yang digelar tahun lalu. Dari keseluruhan usulan kegiatan yang masuk, terpilihlah TOP 10 KEN dan 100 Kegiatan KEN 2022.

Berikut daftar acara KEN 2022 yang digelar pada bulan Juli:

Kenduri Seni Melayu

Kenduri Seni Melayu (KSM) akan digelar pada tanggal 21-23 Juli 2022 di Harbour Bay Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau. KSM merupakan salah satu rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Batam.

Tak hanya pertunjukan seni dari Kota Batam saja yang yang ditampilkan, KSM juga akan menampilkan berbagai pertunjukan seni melayu dari daerah di Indonesia. KSM juga akan diikuti oleh tiga negara tetangga, yakni Malaysia, Singapura, serta Brunei Darussalam.

Dengan tujuan melestarikan dan mengenalkan keunikan budaya Melayu di Indonesia ke para wisatawan, KSM juga menjadi ajang nostalgia dengan menampilkan berbagai permainan tradisional, seperti kaki bajang (egrang), gasing, seletup, dan canang.

Aceh Perkusi

Festival Aceh Perkusi akan diselengarakan di Taman Budaya Aceh pada 29 Juli 2022. Festival ini akan menampilkan salah satu alat musik tabuh khas dari Kota Rencong.

Aceh Perkusi merupakan ruang bagi para seniman Aceh untuk berekspresi dan berkreasi.  Selain itu, melalui festival ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada wisatawan tentang kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kota Serambi Mekkah ini.

Solo Keroncong Festival

Solo Kerponcong Festival akan digelar pada 24-25 Juli 2022 di Ngarsopuro Night Market, Solo. Karena Kota Solo sangat erat kaitannya dengan musik keroncong, festival ini diselenggarakan sebagai salah satu wadah bagi para musisi keroncong untuk menampilkan karya terbaik mereka.

Selain menampilkan musik keroncong, akan ada juga festival seni, musik, dan budaya lainnya. Festival ini digerlar dengan harapan dapat melestarikan salah satu aset budaya yang dimiliki Kota Solo kepada generasi muda, sehingga bisa terus diwariskan secara turun-menurun.

Toba Caldera World Music Festival

Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) akan diselenggarakan di Bukit Singgolom, Desa Lintong Nihuta, Samosir. Festival musik berskala internasional yang akan berlangsung pada 22 Juli 2022 ini akan digelar di salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

Selain musisi asal Indonesia, kabarnya pada TCWMF 2022 juga akan menampilkan musisi dari negara tetangga.

TCWMF 2022 digelar guna memperkenalkan dan mempromosikan Destinasi Super Prioritas Danau Toba kepada wisatawan dalam negeri maupun mancanegara melalui festival musik.

Tenggarong Internasional Folk and Art Festival (TIFAF)

Tenggarong Internasional Folk and Art Festival (TIFAF) akan diselenggarakan pada 21-24 Juli 2022. Venue TIFAF tersebar di seluruh wilayah Kota Tenggarong. Hal tersebut diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

TIFAF yang digelar secara hybrid ini diharapkan mampu mengangkat seni dan budaya Nusantara di kancah internasional.

Related Articles

Back to top button