Berita

Kemenparekraf Bantu Pelaku Pariwisata

Madinaworld.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan program Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP). Bantuan tunai ini akan disalurkan kepada enam jenis usaha pariwisata yang Nomor Induk Berusaha (NIB) nya telah terdaftar di OSS 2018-2020 yang terdapat di 35 Kabupaten/Kota. Termasuk di dalamnya biro perjalanan usaha, agen perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyedia akomodasi jangka pendek lainnya.

Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 15 hingga 26 November 2021. Adapun tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk mengikuti program ini di antaranya:

Pertama, cek nomor induk berusaha jenis usaha Anda. Kedua, Daftar dan lengkapi dokumen persyaratan pada laman http://bpup.kemenparekraf.go.id. Ketiga, akan dilakukan verifikasi dan validasi kepada usaha pariwisata yang sudah melengkapi dokumen. Keempat, Bantuan akan dicairkan melalui bank penyalur kepada usaha pariwisata Anda.

Bantuan ini rencananya akan disalurkan secara tunai melalui bank penyalur yang telah ditetapkan. Bantuan sebesar 2 juta rupiah perbulan akan diberikan sebanyak dua kali.

Persyaratan

  • Masuk dalam jenis usaha : biro perjalanan usaha, agen perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, atau penyedia akomodasi jangka pendek lainnya
  • Memiliki Nomor Induk Berusaha tahun 2018-2020 dari Lembaga Pengelola Online Single Submission (OSS) di Kementerian Investasi/BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).
  • Usaha yang telah terdaftar tersebut berada di 35 Kabupaten/Kota yang termasuk dalam penerima program BPUP

Tanggal-tanggal penting dalam program BPUP:

Waktu pendaftaran  : 15-26 November 2021

Verifikasi dan validasi : 1-26 November 2021

Pencairan bantuan      : 13-24 desember 2021

Related Articles

Back to top button