BeritaPariwisataTravelling

JMFTE 2022: Wujudkan Jakarta yang Ramah Muslim

Madinaworld.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Jakarta Moslem Friendly Travel Exhibiton (JMFTE) 2022. Berlokasi di Gandaria City, Jakarta, acara ini akan berlangsung selama tiga hari, dari 5 hingga 7 Agustus 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengungkapkan, besarnya minat wisatawan terhadap produk-produk halal menjadi peluang untuk menjadikan Jakarta sebagai destinasi pilihan para wisatawan.

“Produk halal diminati oleh wisatawan yang lain juga, bukan hanya wisatawan muslim,” ujar Andhika dalam Press Conference JMFTE yang digelar di Hotel Sheraton, Jakarta, Jum’at (5/8).

Dalam kesempatan tersebut Andhika juga mengungkapkan bahwa JMTFE dilangsungkan sebagai upaya Jakarta dalam menyambut baik tren wisata ramah muslim.

“Kami berkomitmen memposisikan Jakarta sebagai destinasi wisata yang ramah muslim,” papar Andhika.

Ketua Umum Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Riyanto Sofyan yang juga hadir dalam kesempatan itu memaparkan, Jakarta merupakan pintu terbesar masuknya wisatawan dari mancanegara. Kondisi tersebut secara otomatis menjadi potensi pasar yang harus digarap.

“Pariwisata ramah muslim merupakan pasar wisatawan yang big size dan high growth. Ini sangat prospektif untuk digarap karena lebih besar dari sumber wisman utama lainnya ,” ujar Riyanto.

Menurut Riyanto, hal ini juga sejalan dengan target Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar muslim terbesar dunia, namun dapat menjadi pusat industri dan produsen halal dunia pada tahun 2024.

“Dengan fokus utama pengembangan industri halal pada sektor makanan dan minuman, fesyen, pariwisata, farmasi dan kosmetik,” pungkas Riyanto.

JMFTE 2022 digelar dalam rangka meningkatkan citra positif Jakarta sebagai destinasi wisata unggulan ini dihadiri oleh berbagai pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti para pelaku usaha travel, kuliner, kosmetik, kerajinan tangan, fesyen, hingga travel activity.

Related Articles

Back to top button