Seputar Islam

Jangan Takabur, Inilah 6 Alasan Seseorang Butuh Berdoa

Masih banyak orang yang lupa untuk berdoa ketika mendapat ujian dari Allah SWT. Mereka merasa tidak perlu berdoa karena berdoa saja tidak menyelesaikan masalah.

Padahal jika kita percaya setiap ujian datangnya dari Allah, dan Allah tidak akan memberi ujian kepada hambanya di luar kemampuan hambanya itu sendiri. Karena saat kita beroda secara tidak langsung memberi banyak manfaat dan juga dampak positif. Meskipun seringkali tak terlihat, akan tetapi bisa kita rasakan.

Berikut ini 6 alasan seseorang butuh berdoa, dikutip dari Suara.com:

1. Bentuk Penghambaan Diri

Sebagai seorang manusia, berdoa adalah salah satu bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Karena rahmat dan kasih sayangnya, kita bisa mendapat bermacam-macam karunia, mulai dari kesehatan, rezeki, dan lainnya.

Dengan berdoa, kita menjadi sadar diri bahwa kita bukan siapa-siapa. Hidup ini hanya sementara, segala yang kita miliki hanyalah titipan dari Allah SWT.

2. Pengharapan

Sebagai manusia, tidak selayaknya kita berharap kepada manusia lainnya. Sudah sepatutnya kita berharap hanya kepada Allah SWT, sebab Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita dan mengetahui mana yang baik untuk hambanya.

Jangan pernah takut untuk melambungkan doa setinggi mungkin, percayalah bahwa Allah akan mendengar doa dari hamba-hambanya. Ketika tidak ada yang bisa diharapkan di dunia ini, berharaplah kepada Allah agar segala urusan kita dipermudah.

3. Tidak Merasa Sendirian

Banyak orang yang ketika mendapatkan ujian atau musibah, merasa tidak ada yang mau merangkulnya. Mungkin ia belum mengetahui keajaiban berdoa.

Karena dengan berdoa kita tidak akan merasa sendirian, selalu ada Allah SWT yang senantiasa melihat kita dan menemani kita di saat apapun.

4. Tidak Khawatir Rahasia Terbongkar

Banyak orang yang ketika memiliki masalah justru bercerita atau mencurahkannya kepada orang lain. Setelah itu, kita mungkin merasa cemas dan khawatir jika orang tersebut akan menceritakannya lagi kepada orang lain sehingga aib kita akan tersebar.

Maka dari itu, baiknya Sobat Madina berdoa dan menceritakan masalah yang sedang dihadapi Sobat Madina kepada Allah SWT. Dengan begitu, Sobat Madina tidak akan khawatir rahasia yang Sobat Madina miliki terbongkar.

5. Pondasi Pertahanan Diri

Maksud dari pondasi pertahanan diri disini adalah, pegangan kita sebagai umat muslim dalam menjalani kehidupan ialah melalui doa.

Saat kita memiliki banyak masalah, saat kita berada di lingkungan yang salah, bahkan jika kita kehilangan arah sekali pun, doa dapat membuat kita ingat akan tujuan hidup kita dan membuat kita ingin tetap bertahan hidup.

Sekali pun kita memiliki banyak masalah, dengan berdoa, kita tidak akan salah arah dengan mencelakai diri sendiri. Sebab kita ingat masih banyak hal yang harus kita perjuangkan.

6. Sumber Ketenangan

Beberapa orang sering mencari ketenangan, padahal ketenangan tersebut ada di dalam diri kita sendiri. Cara menemukannya adalah dengan berdoa.

Ketika perasaan gundah gulana, maka cobalah untuk mengambil air wudhu kemudian sholat 2 rakaat. Setelah itu, berdoa lah kepada Allah SWT. Ceritakan keluh kesah yang Sobat Madina rasakan, percaya bahwa Allah mendengar doa kita.

Terlebih jika Sobat Madina menginginkan sesuatu, maka berdoalah. Jika dari suatu masalah saja bisa mendapat solusi dengan berdoa, apalagi untuk meminta sesuatu kepada Allah, serahkan semuanya kepada Allah SWT.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button