ArtikelGaya HidupKulinerPariwisata

Gudeg Bu Sudji, Gudeg Legendaris di Manggarai

Nah kali ini Madina Review mendatangi salah satu warung nasi gudeg yang legendaris dan sangat terkenal di daerah Manggarai, Jakarta selatan. Namanya adalah Nasi Gudeg Bu Sudji

Ngomongin soal kuliner pasti gak ada habisnya, Indonesia memang terkenal dengan kuliner khasnya yang bermacam-macam dari berbagai daerah. Salah satu yang terkenal adalah kuliner khas Yogyakarta, yaitu gudeg.

Sebagai kuliner khas dari wilayah Yogyakarta, Sobat Madina udah gak perlu kesulitan lagi deh buat nemuin makanan yang satu ini. Karena sekarang gudeg hampir dijual di berbagai tempat di sudut kota.

Menu Nasi Gudeg Bu Sudji. (Foto: Madina World/Farhan Adjie)

Gudeg Bu Sudji sudah berdiri sejak tahun 1962. Lokasinya ada di Jalan Dr. Sahardjo 1 No. 11C. Manggarai, Jakarta Selatan, persis di seberang Terminal Manggarai. Buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore membuat gudeg Jogja bu Sudji sangat ramai dikunjungi terutama pada jam makan siang.

Sang pemilik yakni Bu Sudji saat ini kondisinya sudah cukup berumur, sehingga kini pengelola usahanya diteruskan oleh generasi kedua, yaitu anaknya bu Sudji.

Meskipun tempat jualannya cukup sederhana, tetapi rasa gudeg Bu Sudji sangat nikmat loh Sobat Madina. Satu porsi gudeg berisikan nasi, gudeg, sambal goreng krecek, areh (kuah santan kental), tahu, dan lauk.

Pilihan lauk di Gudeg Bu Sudji. (Foto: Madina World/Farhan Adjie)

Gurihnya areh , legitnya gudeg, berpadu pas dengan pedasnya sambal goreng krecek. Untuk pilihan lauknya sendiri ada lumayan banyak. Oh iya, ayam yang digunakan Bu Sudji adalah ayam kampung yang memiliki rasa lebih gurih.

Meskipun menggunakan ayam kampung, tetapi dagingnya sangat empuk. Untuk telurnya juga sangat special yaitu menggunakan telur bebek. Gudeg yang terbuat dari nangka muda, harus dimasak seharian untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang pas.

Yuk simak Madina Review kali ini, jangan lupa tonton videonya sampai habis ya Sobat!

Madinaworld.id

Penulis : Wenny Afrika

Editor : Siti Aminah

Related Articles

Back to top button