BeritaPariwisata

Gelar Munas, Upaya GIPI Sumbang Kontribusi di Sektor Wisata

Madinaworld.id – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Ke-2 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Munas dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap pemulihan di sektor pariwisata Indonesia.

Kegiatan Munas berlangsung selama dua hari, yakni pada 29 hingga 30 Juni 2022. Mengangkat tema ‘Kolaborasi dan Sinergitas Pariwisata Bangkit Ekonomi Tumbuh’, Munas diselenggarakan dalam rangka memilih jajaran pengurus GIPI periode 2022-2027. Kegiatan ini dihadiri oleh 36 asosiasi anggota, 19 DPP GIPI, serta 3 asosiasi peninjau.

“Ini ajang kumpul seluruh asosiasi pariwisata Indonesia, kami berdiskusi, tukar pendapat, menyampaikan aspirasi yang nanti kita hasilkan rekomendasi untuk pemerintah Indonesia dalam melakukan kebijakan pariwisata kedepan. Ini salah satu bentuk sumbangsih pikiran GIPI kepada pemerintah,” ungkap Ketua Umum GIPI Didien Junaedy, seperti dikutip dari koranpelita.com.

Dalam jumpa pers yang digelar pada Rabu (29/6), Didien menyatakan harapannya bahwa dengan terbentuknya kepengurusan yang baru, dapat ikut memberikan jawaban atas tantangan di industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia saat ini.

“Kita ini mandiri, karena GIPI hadir untuk menjembatani kepentingan antara pemerintah, instansi terkait dengan para pelaku pariwisata maupun ekonomi kreatif di tanah air,” jelas Didien.

Didien juga mengungkapkan bahwa organisasi yang didirikan di Jakarta 11 tahun silam ini, merupakan payung asosiasi yang heterogen, sehingga diperlukan kiat-kiat khusus dalam menangani organisasi ini.

“Karena kita adalah partner dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan diharapkan nanti GIPI dapat lebih mengayomi seluruh industri, harus bekerjasama, kolaborasi untuk sektor pariwisata,” ujar Didien, dikutip dari marketeers.com.

Sementara itu di kesempatan yang sama,  Ketua Panitia Munas Ke-2 GIPI Panca R Sarungu juga mengungkapkan pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam rangka membangkitkan pariwisata nasional pasca pandemi Covid-19.

“Tentunya yang paling penting adalah kerja sama yang dijalin untuk bersama-sama keluar dari pandemi,” papar Panca.

Acara Munas Ke-2 ini akan ditutup dengan sambutan dari Ketua Umum Terpilih untuk masa bakti tahun 2022-2027.

Related Articles

Back to top button