ArtikelPariwisataTravelling

Manjakan Matamu dengan Jernihnya Air di Curug Cibaliung

Bogor terkenal dengan banyaknya curug atau air terjun kecil yang berasal dari aliran sungai. Dari banyaknya curug yang ada, Tim Madina mencoba pergi ke Curug Leuwi Cibaliung yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Curug Cibaliung, Kabupaten Bogor

Pada perjalanan kali ini Kami pergi menuju lokasi menggunakan motor, karena akses menuju lokasinya juga terdapat beberapa jalur ekstrim seperti tanjakan yang cukup curam dan jalan yang berlubang. Kami tidak merekomendasikan Sobat Madina untuk naik mobil, karena aksesnya yang sedikit sulit dan jalan yang terbilang sempit karena hanya cukup untuk satu mobil saja.

Curug Cibaliung menjadi curug yang kami rekomendasikan untuk healing. Airnya yang jernih akan sangat bagus dan sangat memanjakan mata Sobat Madina, untuk foto-foto ataupun bermain air disana akan menyenangkan.

Jika Sobat Madina ingin memacu sedikit adrenalin, Sobat Madina juga dapat melompat dari pinggir batu disana dan merasakan sensasi masuk ke dalam air yang jernih dan dingin.

Oh iya, untuk mencapai Curug Cibaliung Sobat Madina juga harus berjalan melewati bukit yang jalannya naik turun sekitar 15-20 menit tergantung fisik Sobat Madina.

Saat bermain disana Sobat Madina juga perlu berhati-hati karena arus yang ditimbulkan dari curugnya cukup deras, tetapi di pinggir-pinggirnya terdapat tali yang dapat Sobat Madina pegang. Bagi Sobat Madina yang belum bisa berenang atau khawatir terbawa arus tidak perlu khawatir, sebab disana juga ada lho penyewaan pelampung dengan harga Rp25.000 per pelampung. Jadi ga perlu khawatir lagi kan?

Curug Cibaliung menjadi rekomendasi untuk berlibur bareng teman-teman ataupun keluarga, dengan budget yang terbilang minim karena kami berdua hanya menghabiskan total Rp. 140.000 untuk sekali perjalanan kesana sudah termasuk makan dan bensin. Berikut rincian pengeluaran perjalanan kami:

Rincian biaya yang kami keluarkan untuk ke Curug

  • Memasuki desa cibadak, kami langsung diminta membayar retribusi ilegal tanpa tiket atau bukti lainnya oleh salah satu warga lokal disana dengan alas an untuk acara Maulid Nabi sebesar Rp.5.000 per orang.
  • Memasuki Kawasan curug Sobat Madina akan dikenakan biaya sebesar Rp.20.000 dan diberikan tiket resmi.
  • Bensin yang kami beli sebesar Rp.30.000 (sesuai kondisi bensin Sobat Madina)
  • Makan indomie telor Rp.12.000, indomie double plus telor Rp.20.000, the manis hangat Rp.5.000, air mineral Rp.5.000
  • Parkir motor di depan musolla bayar seikhlasnya, kami bayar Rp.10.000 karena yang jaga parkir tersebut anak-anak kecil sekitar 5 orang
Tiket Masuk Pengunjung, Curug Cibaliung

Dari skala 0-10 untuk Curug Cibaliung ini kami berikan rating 8,7 karena memang sangat worth it untuk dikunjungi sambal chill bersama teman ataupun keluarga.

Jangan lupa

Sebelum berkunjung, yuk intip dulu video perjalanan tim Madina Adventure ke Curug Cibaliung, di Channel Youtube Madina World ID untuk referensi Sobat Madina.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button