Jasa riset pasar merupakan salah satu aktivitas riset pemasaran untuk mendapatkan sejumlah informasi dari pelanggan. Informasi yang didapatkan dapat berupa tingkat kepuasan maupun loyalitas pelanggan. Selain informasi terkait pelanggan, informasi terkait produk juga bisa didapatkan dalam kegiatan jasa riset pemasaran.
Riset pasar merupakan salah satu hal yang paling penting dalam berbisnis, sebelum perusahaan meluncurkan produk atau jasa tertentu. Karenanya, jasa riset pasar berperan penting dalam memenangkan persaingan.
Jasa riset pasar merupakan salah satu strategi bisnis yang dilakukan, salah satunya adalah untuk memprediksi apa yang terjadi di masa depan, khususnya terkait perilaku pasar.
Kegiatan riset pasar dilakukan untuk memahami perilaku konsumen dan untuk mengetahui hal-hal yang yang disukai konsumen, khususnya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Mengutip Glints.com, dengan melakukan riset pasar, perusahaan dapat menemukan sasaran pasar yang tepat. Selain itu perusahaan juga bisa mendapatkan saran serta umpan balik, seperti minat konsumen terhadap produk ataupun layanan jasa yang ditawarkan.
Untuk mencapai tujuan jasa riset pemasaran, ada empat poin yang harus terjawab, yakni:
1. Kesesuaian produk dengan kebutuhan konsumen
Dengan melakukan jasa riset pasar, perusahan dapat mengetahui apa saja dan seperti apa kebutuhan konsumen. Dari data yang didapatkan dari para konsumen tersebut, perusahaan dapat menyesuaikannya dengan produk yang ditawarkan.
Sebelum meluncurkan produk, perusahaan dapat melakukan riset melalui jasa riset pasar untuk menentukan produk seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kebutuhan pasar.
2. Kesesuaian biaya produksi dengan harga jual barang dapat diterima konsumen
Kesesuaian biaya dapat diestimasikan dengan mempertimbangkan daya saing produk. Harga dan produk kompetitor juga dapat dijadikan salah satu pertimbangan.
Jangan lupa pertimbangkan daya beli konsumen. Dari riset pasar yang dilakukan, perusahaan dapat mengetahui seberapa besar kemungkinan konsumen mampu membeli produk atau layanan jasa yang ditawarkan.
3. Bentuk promosi yang efektif dan sesuai untuk menarik konsumen
Jasa riset pemasaran dapat mengetahui perilaku konsumen dan mengetahui apa yang disukai oleh konsumen. Dengan melakukan riset pasar, perusahaan dapat lebih mudah menentukan strategi marketing produk yang efektif untuk menarik konsumen.
Dengan mengetahui bentuk promosi yang disukai oleh konsumen, perusahaan dapat memilih strategi marketing produk atau jasa yang tepat.
4. Kesesuaian produk dengan kondisi konsumen
Jasa riset pemasaran dapat memberikan data dan gambaran mengenai demografi konsumen. Dari data yang dikumpulkan tersebut dapat dilihat kesesuaian antara produk dengan kebutuhan konsumen.
Kesesuaian produk dapat dilihat dari berbagai aspek, di antaranya wilayah, akses konsumen untuk mendapatkan produk, hingga budaya.