ArtikelBisnisGaya Hidup

Bikin Anggaran Bulanan, Penting Gak Sih?

Sobat Madina, kamu tipe yang suka bikin anggaran bulanan atau engga? Atau jangan-jangan, kamu tipe yang pengeluarannya tentatif ya? Hmm.. Sebenernya tujuan dari dibikinnya anggaran bulanan ini tuh biar kondisi keuangan kamu bisa jadi lebih rapi dan terencana.

Gak mau dong, besar pasak dari pada tiang alias lebih besar pengeluaran daripada penghasilan yang kamu dapetin? Jadi, menurut MiDin sih penting banget buat bikin rencana pengeluaran yang satu ini.

Langkah membuat anggaran pengeluaran

Rinci pengeluaran

Sobat Madina bisa mulai dengan buat tujuan anggaran bulanan, dengan mencatat berapa pendapatan dan pengeluaran yang sekiranya bakal kamu keluarkan.

Pisah biaya pengeluaran dengan dirinci lagi sesuai kategori. Misalnya dengan kategori transportasi, makan, internet, dan lain-lain. Masing-masing kategori tersebut dirinci lagi dengan masing-masing pengeluarannya. Jangan lupa dibuat batas budget maksimalnya juga, supaya pengeluaran kamu gak membengkak.

Atur skala prioritas

Dari daftar yang udah Sobat Madina buat secara rinci tersebut, kamu tinggal menentukan skala prioritas. Susun kategori dari yang terpenting, sampai yang masih bisa dipertimbangkan kembali.

Karena transportasi dan makan jadi pengeluaran yang pasti bakal digunakan secara rutin, dua kategori ini bisa ditaruh di bagian atas prioritas. Sementara untuk dua kategori sisanya, bisa kamu sesuaikan kembali. Apakah benar-benar penting dan sangat perlu untuk dikeluarkan biayanya?

Tekan biaya

Langkah yang satu ini sebenernya bisa ngasih dampak yang lumayan, nih. Sobat Madina bisa memilih pengeluaran mana aja yang biayanya bisa ditekan.

Misalnya dengan memilih paket internet murah yang jelas bisa mengurangi pengeluaran. Dengan menggunakan internet murah, biaya yang kamu tekan ini bisa dialihkan untuk pengeluaran lain yang jauh lebih dibutuhkan.

Berbagai pilihan paket internet murah bisa Sobat Madina dapatkan dengan menggunakan provider digital Live.On. Dengan masa berlaku paket dari 7 hari, 10 hari, hingga 30 hari, kamu bisa membeli paket internet murah dengan harga mulai dari Rp. 16.000 aja. Bukan cuma internet murah, Sobat Madina juga bisa dapetin keuntungan lain mulai dari sms gratis sampai nelfon gratis ke semua operator!

[Adv]

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button