Gaya HidupParenting

Alasan Kedekatan Anak Perempuan dengan Ayah

Jika kedekatan antara anak laki-laki dengan ibunya memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, lalu bagaimana tentang kedekatan anak perempuan dengan sang ayah? Apa saja alasannya?

Berikut ulasan mengenai alasan mengapa anak perempuan lebih dekat dengan sang ayah untuk Sobat Madina, dikutip dari Hellosehat.com.

– Mencari sosok yang tegas agar merasa dilindungi

Jika anak laki-laki lebih disayang dan dilindungi oleh sang ibu, sebaliknya anak perempuan justru merasa lebih nyaman dan aman saat bersama sang ayah. Hal ini bukan berarti sang ibu tak bisa melindungi anak perempuannya lho. Akan tetapi, ketika bersama sang ayah, anak perempuan menjadi memiliki perasaan yang lebih tenang dan aman.

Dari sosok ayahnya anak perempuan mempelajari ketangguhan dan ketegasan, dibanding belajar dari sang ibu. Di samping itu, kedekatan anak perempuan kepada ayahnya bisa timbul dari rasa cemburu ketika sang ibu lebih dekat dan fokus kepada anak laki-lakinya.

Apalagi jika anak laki-laki tersebut adalah sosok adik. Maka anak perempuan bisa merasakan bahwa kasih sayang sang ibu terbagi. Hal ini membuat anak perempuan cenderung mencari sosok ayah yang mungkin memiliki waktu lebih banyak daripada sang ibu yang lebih sering mengurus adiknya.

– Memperoleh respons yang diharapkan

Sosok ayah cenderung berbeda dalam memberikan respons kepada anaknya. Biasanya seorang ayah akan lebih merespons anak perempuannya ketimbang anak laki-laki. Selain itu, kedekatan dengan sang ayah juga bisa membantu mengatasi rasa kesepian yang dihadapi ketika sang ibu sibuk merawat si adik laki-laki. Itulah sebabnya, mengapa anak perempuan cenderung lebih dekat dengan ayahnya.

Sebagai contoh saat anak perempuan merengek ingin membeli sesuatu, biasanya sang ibu akan tegas menolak mengabulkan keinginan anak perempuannya. Akan tetapi, sang ayah akan selalu memberikan apa yang diinginkan anak perempuannya. Sehingga hal ini membuat anak perempuan lebih bergantung pada sosok ayah ketimbang ibunya.

Masa pandemi ini membuat semua orang melakukan pekerjaannya dari rumah. Ditambah, harus membimbing anak untuk belajar. Karenanya, tak jarang seorang ibu merasaka dampak yang sangat berat selama pandemi ini.

Nah, agar bisa menjadi ibu hebat di masa pandemi, Sobat Madina bisa mengikuti webinar dengan tema “Menjadi Ibu Hebat di Masa Pandemi” yang akan dilaksanakan oleh Madinaworld.id pada tanggal 22 Desember 2021.

Bertepatan dengan Hari Ibu, acara ini akan dilaksanakan melalui aplikasi zoom, dan webinar ini bisa kamu ikuti dengan gratis.

Jangan lupa untuk mengikuti webinar ini, Jadilah ibu hebat sebelum terlambat.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button