BeritaKesehatan

Airlangga: Covid-19 di Dunia Meningkat Cukup Tinggi

Madinaworld.id – Kasus covid-19 mengalami peningkatan yang cukup tinggi di beberapa negara di dunia. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Merdeka, Jakarta.

Covid-19 masih berlangsung di berbagai negara. Peningkatan kasus yang cukup tinggi antara lain di Amerika Serikat,” ungkap Airlangga dalam Keterangan Pers yang digelar setelah Rapat Terbatas (Ratas) pada Senin, (18/7) siang.

Seven day moving average di Amerika berada pada angka 134.000, selanjutnya di Australia sebanyak 40.000, India sebanyak 18.000, Prancis di angka 90.000, dan Singapura di angka 9.000. Sementara Indonesia berada di angka rata-rata 3.240.

Menanggapi hal tersebut, Presiden RI Joko Widodo memberikan arahan untuk mempercepat penyelenggaraan vaksinasi booster di Tanah Air. Hal tersebut juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Dari kegiatan vaksin yang telah dilakukan pemerintah, provinsi di luar Jawa-Bali yang masih berada di bawah 70 persen capaian vaksinasinya ialah Papua Barat dan Papua.

“Dosis dua, 10 provinsi masih di bawah 70 persen. Dosis tiga, 28 provinsi di bawah 30 persen,” ujar Airlangga.

Adapun terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Airlangga mengungkapkan bahwa PPKM akan tetap dilangsungkan hingga akhir Juli 2022.

“Dari hasil evaluasi seluruhnya, (PPKM) di luar Jawa-Bali masih level satu seperti yang telah kita putuskan sampai akhir bulan ini. Yang level dua hanya di Sorong Papua Barat,” pungkas Airlangga.

Related Articles

Back to top button