ArtikelPariwisataTravelTravelling

5 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Ada berbagai tempat wisata di Jogja paling terkenal. Jogjakarta sendiri memiliki berbagai tempat wisata yang patut untuk Sobat Madina kunjungi. Mulai dari bangunan, candi, tempat belanja, dan lain-lain.

Nah ketika Sobat Madina pergi ke Jogja, ada tempat wisata yang sayang banget kalau Sobat Madina lewatkan. Apa aja itu? Berikut info 5 tempat wisata di Jogja paling terkenal, untuk Sobat Madina!

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Tempat wisata di Jogja paling terkenal yang satu ini sudah berdiri dari tahun 1700-an, yang merupakan salah satu tempat yang bersejarah di Yogyakarta. Oleh karena itu gak heran kalau selalu ramai dengan pengunjung lokal maupun asing. Tempatnya pun bersih terawat, sejuk, nyaman, bahkan nuansa zaman dulu masih terasa loh Sobat Madina.

Di dalam Keraton, Sobat Madina bisa melakukan berbagai aktifitas seperti, Tour de Museum, melihat pertunjukan seni, berbincang dengan Abdi Dalem, melihat Jemparingan, dan bisa menyaksikan upacara adat.

Untuk harga tiketnya dibagi menjadi dua kategori, yaitu untuk pengunjung lokal dan asing. Untuk lokal harganya Rp. 5000, sementara untuk pengunjung asing Rp. 15.000. Untuk jam operasionalnya buka dari Senin – Minggu, pukul 09.00 – 14.00.

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta merupakan cagar budaya warisan keraton Yogyakarta yang sudah berkali-kali renovasi tanpa mengubah nilai sejarahnya. Dulunya tempat ini digunakan untuk tempat mandi para istri Sultan Hemangkubuwono X. Akan tetapi sekarang udah menjadi tempat wisata yang dibuka untuk umum.

Di sana Sobat Madina bisa berfoto-foto dengan spot yang bersejarah, masuk ke dalam kolam pemandian, dan masih banyak lagi. Bagi Sobat Madina yang baru pertama kali kesini, disarankan untuk menggunakan jasa tour guide. Karena tempatnya ini sangat yang luas dan sampai masuk ke perumahan warga, tidak ada petunjuk arah sama sekali di tempat ini. Selain itu Sobat Madina bisa mendapatkan ilmu dari penjelasan tour guide juga.

Untuk tiket masuknya murah kok Sobat Madina hanya Rp. 5000 aja Sobat Madina bisa menikmati wisata Taman Sari.

Wisata Malioboro Yogyakarta

Jogja tidak selalu identik dengan tempat peninggalan sejarah aja. Ada juga tempat wisata popular di Jogjakarta yang mungkin Sobat Madina sering dengar. Namanya tempat wisata Malioboro.

Tempat ini merupakan kawasan wisata yang terkenal, jadi pastinya selalu ramai oleh pengunjung. Di Malioboro banyak sekali tempat wisata seperti Malioboro Mall, pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, dan masih banyak tempat wisata yang Sobat Madina bisa kunjungi.

Selain itu di jalan Malioboro, Sobat Madina bisa melihat beberapa keunikan Jogjakarta seperti kendaraan khas Jogjakarta andong, batik khas Jogjakarta, hingga Kuliner Jogja yang bisa Sobat Madina temukan di jalan Malioboro. Untuk tiket masuknya Sobat Madina gausah khawatir, karena tidak dipungut biaya alias gratis.

Jogja Bay Waterpark

Kalau Sobat Madina mau bermain air bersama teman ataupun keluarga, Jogja Bay Waterpark bisa jadi pilihan Sobat Madina ketika ke Jogjakarta. Di Jogja Bay Waterpark ada banyak wahana permainan air yang bisa Sobat Madina coba. Mulai dari Volcano Coaster, Brando Boomeranggo, Ziiggy Giant Barrel, Kolam Ombak South Beach, dan kolam arus Donte Wild River.

Selain itu, di Jogja Bay Waterpark menyediakan fasilitas fasilitas. Mulai dari food court, gazebo, musola, toilet, dan tempat ruang ganti yang bersih.

Untuk harga tiketnya seharga Rp. 100.000 per orang. Jam operasionalnya mulai dari pukul 09.00 -15.00.

Candi Prambanan

Tempat wisata ini berada di Sleman, Jogjakarta. Candi yang satu ini cukup hits selain Candi Borobudur. Candi Prambanan juga merupakan cagar budaya yang indah dan luas, cuci mata dengan ruang terbuka hijau yang terawat nan sangat luas.

Di sini Sobat Madina bisa melakukan beberapa aktifitas seperti belajar sejarah, mengunjungi museum, mengelilingi candi dengan sepeda maupun kereta wisata, dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiket pengunjung lokal seharga Rp. 40.000, sementara untuk pengunjung dari luar negeri seharga Rp. 338.000. Untuk jam operasionalnya buka dari jam 06.00 – 17.00.

Penulis: Aziz Irsan

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button