ArtikelKulinerPariwisata

5 Kue khas Sunda, Cocok buat Buka Puasa

Memasuki bulan suci Ramadan, gimana nih puasanya Sobat Madina? Semoga lancar dan selalu diberkahi ya. Oh iya, MiDin ada informasi soal kue khas Sunda, yang bisa banget jadi pilihan menu buka puasamu nih. Penasaran? Yuk simak aja informasinya berikut ini.

Gemblong

Kue khas Sunda yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan yang dipadukan dengan santan dan kelapa parut, dengan kekhasan bentuknya yang agak lonjong. Bagian luarnya dilapisi gula merah, sehingga ada sensasi gurih dan manis yang bercampur dalam satu gigitan. Tekstur bagian luarnya agak crispy, sementara bagian dalam begitu lembut dan agak lengket.

Ali Agrem

Kue tradisional yang satu ini mirip banget sama donat, dengan bentuk bulat dan bolong di bagian tengahnya. Yang membedakan, kue ali terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan, sementara donat dibuat dari campuran tepung terigu dan telur. Memiliki warna coklat cerah, kue ini dibalut dengan gula merah di bagian luarnya. Ali agrem juga dikenal dengan sebutan kue cincin, loh.

Nagasari

Kue tradisional satu ini menjadi salah satu jajanan pasar yang masih populer sampai sekarang! Terbuat dari campuran tepung beras dan maizena, tekstur yang diberikan kue basah ini begitu lembut di mulut. Bagian dalamnya diisi buah pisang yang dibalut adonan, lalu dikukus dengan daun pisang yang menghadirkan aroma yang khas.

Combro

Combro merupakan singkatan dari ‘oncom di jero’ atau ‘oncom di dalam’. Bahan utama dari kue khas yang satu ini adalah singkong yang diparut, lalu ditambahkan oncom sebagai isiannya. Dibentuk bulat agak lonjong, adonan kemudian digoreng hingga coklat keemasan. Dengan teksturnya yang lembut, camilan satu ini menghadirkan cita rasa gurih dan pedas dalam setiap gigitan.

Katimus

Kue khas Sunda yang juga bisa dijadikan pilihan menu berbuka adalah katimus. Teksturnya lembut dan chewy, dengan sensasi rasa manis dan gurih yang pas di lidah. Katimus terbuat dari singkong parut, kelapa parut, dan gula merah. Sebelum dikukus, katimus biasanya dibentuk lonjong, lalu dibungkus dengan daun pisang.

Itu dia 5 kue khas Sunda yang bisa jadi pilihan menu berbuka puasa. Mulai dari yang manis, gurih, hingga perpaduan keduanya, Sobat Madina tinggal cocokin aja sama seleramu, ya. Selamat berpuasa!

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button