Gaya HidupTren

5 Kebiasaan Positif yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Kepintaran dan kecerdasan seseorang tidak hanya berasal dari keturunan atau materi genetik dari orang tua saja. Sama seperti hal lain, kecerdasan bisa diasah dan dilatih.

Banyak faktor yang dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Selain faktor lingkungan, beberapa kebiasaan yang Sobat Madina lakukan juga dapat meningkatkan kecerdasan.

Berikut ini 5 kebiasaan positif yang dapat meningkatkan kecerdasan, dikutip dari Suara.com:

1. Mengonsumsi hal-hal yang berkualitas

Kebiasaan pertama yang baik untuk meningkatkan kecerdasan Sobat Madina, adalah dengan mengonsumsi hal-hal positif dan berkualitas.

Makna konsumsi disini bukan hanya perihal makanan, tetapi juga memberi makan otak Sobat Madina dengan konten-konten positif.

Misalnya dengan banyak menonton konten edukatif, rajin membaca buku, berdiskusi dan menambah wawasan, melakukan hal baru, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan kegiatan positif ini, otak Sobat Madina akan terlatih dan terbiasa untuk berpikir.

2. Tidak mudah percaya pada berita yang beredar

Hal pertama yang harus Sobat Madina lakukan ketika mendengar atau membaca berita adalah, memastikan apakah sumber berita tersebut aktual dan dapat dipercaya. Atau dengan bahasa lainnya, berita yang Sobat Madina baca bukan hanya sekadar berita setting-an.

Sobat Madina bisa lebih berpikir kritis dan tidak menerima sebuah berita begitu saja. Sobat Madina bisa mencari tahu apakah suatu berita itu valid atau tidak, dan juga Sobat Madina bisa menyeleksi media-media mana saja yang kerap melakukan pemberitaan palsu atau hoax.

3. Rajin menulis

Salah satu cara mengikat ilmu yang Sobat Madina dapat agar tak hilang, adalah dengan menuliskannya.

Setiap hari ada banyak informasi yang kita dapatkan, jika Sobat Madina ingin informasi tersebut bertahan lama, maka Sobat Madina dapat mencatatnya.

Seringkali kita mendapat ide yang bagus akan tetapi karena tidak kita tulis, ide tersebut hilang begitu saja.

4. Mengetahui kemajuan diri

Kebiasaan positif yang dapat meningkatkan kecerdasan selanjutnya adalah dengan mengetahui kemajuan diri.

Cara yang bisa Sobat Madina lakukan untuk mengetahui kemajuan diri adalah dengan membuat daftar hal-hal yang berhasil Sobat Madina lakukan selama satu hari atau seminggu ke belakang.

Dengan membuat daftar ini, Sobat Madina bisa menjadi sadar, sudah sejauh mana berproses dan hal apa saja yang sudah berhasil Sobat Madina raih.

Sobat Madina juga dapat memutuskan kebiasaan apa yang harus dipertahankan dan kebiasaan apa yang harus dihentikan.

5. Banyak membaca

Kita tak bisa pungkiri jika orang cerdas di dunia ini pasti senang membaca. Buku merupakan gudang ilmu yang menyediakan berbagai macam pengetahuan.

Banyak-banyaklah membaca, minimal satu buku dalam satu minggu. Semakin banyak buku yang Sobat Madina baca maka wawasan Sobat Madina juga akan semakin luas.

Dengan begitu Sobat Madina tidak akan mudah menghakimi seseorang atau menilai suatu kejadian hanya dari satu sudut pandang saja.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button