Kesehatan

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Demam

Kondisi cuaca belakangan ini sedang tidak menentu. Karenanya, banyak dari kita yang kemudian mengalami demam.

Demam merupakan salah satu indikasi bahwa telah terjadi suatu infeksi dalam tubuh. Ketika demam, badan terasa menggigil, tidak nafsu makan, suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, lemas, dan rentan dehidrasi.

Saat sedang dalam kondisi demam, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, karena bila dilakukan justru memperburuk keadaan dan menyebabkan demam tak kunjung reda.

Ada 5 hal yang tidak boleh Sobat Madina lakukan saat demam, berikut ini ulasannya dikutip dariĀ Sehatq.com:

1. Tidak Istirahat

Hal pertama yang tidak boleh Sobat Madina lakukan ketika demam adalah tidak beristirahat. Dalam kondisi tidak fit, ada baiknya Sobat Madina mengurangi aktivitas fisik atau aktivitas yang membuat cepat lelah.

Agar kembali bugar dan sehat, Sobat Madina setidaknya beristirahat yang cukup dan jangan terlebih dahulu melakukan kegiatan yang membuat tubuh cepat lelah.

2. Menggunakan Selimut Berlapis

Banyak orang yang percaya ketika sedang demam harus menggunakan selimut berlapis dengan tujuan agar tubuh berkeringat. Akan tetapi hal ini tidak dibenarkan, sebab hal ini dapat membuat suhu tubuh makin panas dan sulit untuk turun kembali.

Selain itu penggunaan selimut berlapis juga akan membuat Sobat Madina tidak nyaman, dan juga dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Memainkan Gawai

Ketika beristirahat, mungkin Sobat Madina akan merasa bosan. Akan tetapi memainkan gawai bukan solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa bosan tersebut.

Karena dengan memainkan gawai, otot leher Sobat Madina menjadi tegang dan dapat menyebabkan nyeri saraf, terlebih jika Sobat Madina memainkannya dalam waktu lama.

4. Mandi Air Dingin

Mandi dengan air dingin ketika Sobat Madina sedang demam sebaiknya jangan dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan suhu internal dalam tubuh Sobat Madina, dan dapat menyebabkan menggigil.

Sama halnya ketika Sobat Madina mengompres dengan air dingin, hal ini sebaiknya dihindari.

Jika Sobat Madina ingin mengompres tubuh saat demam, maka lakukan dengan air normal yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Obat Penurun Panas

Hal terakhir yang tidak boleh dilakukan saat demam adalah dengan mengonsumsi obat penurun panas secara berlebihan. Sobat Madina bisa mengonsumsi obat penurun panas sesuai anjuran dokter atau sesuai aturan yang terdapat dalam kemasan obat.

Karena dengan mengonsumsi banyak obat penurun panas, Sobat Madina tidak akan sembuh begitu saja. Jika salah mengonsumsi obat, Sobat Madina bisa saja overdosis. Jadi, konsumsilah obat sesuai anjuran yang tertera agar lekas sehat.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button