Gaya HidupTren

4 Tips Produktif Selama WFH

Seiring dengan adanya varian Omicron, kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Presiden Joko Widodo memperkirakan, kasus Omicron akan terus melonjak.

Dikutip Katadata dari 854 pasien Omicron yang dirawat, sebanyak 461 orang tidak memiliki gejala, 334 orang memiliki gejala ringan, 54 orang dengan gejala sedang, dan 5 orang bergejala berat.

Karena kasus varian Omicron terus melonjak, maka dari itu beberapa kantor kembali menerapkan sistem bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Berikut ini 4 tips tetap produktif selama WFH yang bisa Sobat Madina terapkan di rumah:

1. Ruang kerja

Tips produktif selama WFH yang pertama ialah, bekerja dari rumah memang terasa sangat berbeda. Dimana saat di rumah, Sobat Madina mungkin akan bekerja di kamar atau ruang tamu. Hal ini akan membuat Sobat Madina tidak fokus bekerja.

Maka dari itu, Sobat Madina bisa merombak satu ruangan, sehingga ruangan tersebut lebih menyerupai ruang kerja. Dengan demikian, Sobat Madina bisa fokus bekerja meskipun dari rumah saja.

2. Atur jam kerja

Banyak pekerja yang keteteran saat bekerja dari rumah, karena tak mengatur jam kerjanya saat di rumah. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur jam kerja Sobat Madina.

Jangan sampai waktu bekerja dari rumah mengganggu waktu kebersamaan Sobat Madina dan keluarga.

Dalam hal ini, manajemen waktu dan kedisiplinan terhadap diri sendiri sangat diuji, terlebih bagi yang sudah berkeluarga.

Pastikan semua pekerjaan yang Anda punya berjalan dengan normal serta lancar. Jika jam kerja yang Sobat Madina tetapkan sudah selesai atau sudah melewati jam kerja, maka segera tinggalkan pekerjaan dan berkumpul bersama keluarga.

3. Membuat Daftar Prioritas

Tips produktif selama WFH selanjutnya adalah, dengan membuat daftar prioritas. Dengan adanya daftar prioritas, Sobat Madina bisa mengerjakan hal-hal yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu. Jadi lebih efektif, bukan?

Daftar prioritas akan membantumu menentukan mana pekerjaan prioritas, mana yang bisa dikerjakan belakangan.

4. Tentukan Jam Istirahat

Bekerja di rumah tetap sama seperti bekerja di kantor, hanya berbeda tempatnya saja. Jangan sampai ketika bekerja di rumah, Sobat Madina melupakan waktu istirahat, ya.

Sobat Madina juga perlu beristirahat dari aktivitas yang memusingkan. Gunakan lah waktu istirahat untuk beribadah, makan, dan bersantai sejenak.

Meskipun tak berangkat ke kantor, Sobat Madina juga harus meluangkan waktu untuk beristirahat dengan tujuan menyegarkan badan, sehingga bisa tetap produktif.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button