Gaya HidupSeputar Islam

3 Cara Bersyukur kepada Allah

Kita perlu mengetahui cara bersyukur kepada Allah, karena bersyukur bisa menambah nikmat yang Allah berikan. Dengan mengingkari nikmat-nikmat yang Allah karuniakan kepada kita, akan membuat kita mendapat azab yang perih. Azab dari Allah dapat berupa siksaan di neraka, ataupun berupa guncangan mental yang dapat membuat hidup di dunia menjadi tidak tenang.

Kedua hal tentang bersyukur dan azab, tertuang dalam firman Allah di Surat Ibrahim ayat 7:

Artinya: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS Ibrahim [14] :7).

Mengutip islam.nu.or.id, setidaknya ada tiga cara bersyukur kepada Allah, yakni:

Bersyukur dengan hati

Bersyukur dengan hati dapat dilakukan dengan meyakini bahwa setiap nikmat yang didapat merupakan karunia dari Allah. Keyakinan tersebut akan membuat hati tenang. Bersyukur dengan hati dapat diwujudkan dengan perasaan senang, ikhlas, dan rela dengan ketetapan dari Allah.

Selain itu, bersyukur dengan hati dapat diwujudkan dengan menumbuhkan kesadaran bahwa segalanya milik Allah. Dengan adanya kesadaran tersebut, maka jika kehilangan sesuatu tidak akan ada rasa khawatir di dalam diri Sobat Madina, karena Dia berhak mengambilnya.

Untuk bisa bersyukur, Sobat Madina perlu memiliki kesabaran. Untuk bisa bersabar, diperlukan keikhlasan. Karena hal itulah, syukur, sabar, dan ikhlas sebenarnya saling berkaitan.

Bersyukur dengan lisan

Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan bersyukur melalui lisan, ialah banyak memuji Allah dengan mengucapkan kalimat hamdallah. Ucapan ‘alhamdulillah’ adalah hal paling minim yang harus Sobat Madina lakukan.

Orang yang bersyukur kepada Allah akan selalu menjaga lisannya, dengan mengucapkan hal-hal yang baik. Selain itu Sobat Madina juga bisa lebih memilah perkataan, agar tidak menyakiti hati orang lain.

Hal lain yang juga bisa Sobat Madina lakukan adalah, segera minta maaf jika ada salah-salah perkataan.

Bersyukur dengan perbuatan

Bentuk bersyukur dengan perbuatan, dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Baik itu dengan melibatkan orang lain ataupun hanya melibatkan diri sendiri. Sobat Madina dapat menggunakan nikmat untuk menjalankan perintah Allah.

Contohnya jika Sobat Madina memiliki banyak rezeki, maka perbanyaklah bersedekah. Atau, bisa juga dengan berbagi ilmu pengetahuan, kebahagiaan, dan kebaikan-kebaikan yang dapat membuat orang lain turut merasa senang.

Sementara bentuk ungkapan syukur yang melibatkan diri sendiri dapat diwujudkan dalam bentuk meningkatkan intensitas beribadah.

Madinaworld.id

Related Articles

Back to top button