Berita

1.378 Unit Rumah Terdampak Gempa Bumi di Banten

Madinaworld.id – Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB), sebanyak 1.378 unit rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten, terdampak gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,6 yang terjadi pada Jum’at (14/1).

Data Pusdalops per Sabtu (15/1) tersebut menunjukkan 278 unit rumah mengalami kerusakan berat, 323 unit rumah mengalami kerusakan sedang, dan 777 unit rumah rusak ringan.

Wilayah yang paling terdampak gempa bumi adalah Kabupaten Pandeglang. Sebanyak 262 unit rumah rusak berat, 289 unit rumah rusak sedang, dan 663 unit rumah rusak ringan.

Selanjutnya sebanyak 16 unit rumah di Kabupaten Lebak mengalami kerusakan berat, 13 unit rumah rusak sedang, dan 108 unit rumah rusak ringan. Sementara di Kabupaten Serang terdapat 10 unit rumah rusak sedang.

Selain Provinsi Banten, guncangan akibat gempa juga terasa di Provinsi Jawa Barat serta DKI Jakarta. 3 unit rumah mengalami kerusakan sedang di Kabupaten Sukabumi, dan 6 unit lainnya mengalami kerusakan ringan. Sementara di Kabupaten Bogor 8 unit rumah mengalami kerusakan ringan.

Kepala BNPB Suharyanto dalam kunjungannya ke lokasi terdampak gempa bumi, meminta Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk mendata dan memverifikasi rumah warga yang terdampak dan mengalami kerusakan. Hal tersebut dilakukan agar bantuan dan dukungan dapat segera disalurkan kepada warga.

“Mohon nanti segera didata dan diverifikasi ulang, ya. Agar mereka (warga terdampak) dapat segera kita bantu dan dukung untuk pemulihan,” ujar Suharyanto.

Related Articles

Back to top button